Green Youth Campaign



          Mahasiswa Pecinta Alam  (MPA) Gloeocapsa merupakan salah satu biro dibawah naungan Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIO) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar kegiatan Green Youth Campaign. Kegiatan ini merupakan program kerja dari divisi konservasi alam. Kegiatan yang bertemakan “Dari Hilir Merakit Kehidupan” berlangsung dari tanggal 10 hingga 11 Oktober 2015 di Garongkong, Kelurahan Mangempang, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru.
          Green Youth Campaign yang biasa disebut dengan GYC diikuti oleh 45 orang mahasiswa Biologi FMIPA UNM dari berbagai angkatan mulai dari angkatan aktif maupun tidak aktif. Selain itu, GYC juga diikuti oleh MAPALA ABADI Kampus V UNM Parepare. Rombongan GYC dilepas Sabtu (10/10) sore oleh ketua umum HIMABIO FMIPA UNM.  Rombongan berangkat ke Barru menggunakan bus yang disiapkan oleh pengurus MPA Gloeocapsa dan kendaraan pribadi.
          GYC yang dihadiri oleh Kepala Lingkungan Kelurahan Mangempang  dan Kepala BLHD Barru terdiri atas tiga rangkaian kegiatan yakni penanaman mangrove, pembersihan pesisir pantai dan pemasangan papan bicara. Penanaman 1000 bibit mangrove dari Balai Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Barru merupakan kegiatan inti dari GYC. Penanaman mangrove ini perlu dilakukan mengingat seringnya terjadi abrasi dan banjir rob di pesisir pantai yang dapat merusak empang dan rumah masyarakat di sekitar pesisir pantai. Penanaman mangrove dimulai Minggu (11/10) pukul 11:00 WITA setelah air laut surut.
          Sebelum penanaman mangrove dilakukan pembersihan pesisir pantai Garongkong Minggu (11/10) pagi pukul 06:00 WITA. Kegiatan ini dilakukan atas saran dari Kepala Lingkungan Kelurahan Mangempang. Pembersihan pesisir pantai  dipandang perlu dilakukan melihat banyaknya sampah palstik yang mendominasi di pesisir pantai Garongkong. Menurut Bapak Kepala Lingkungan Kelurahan Mangempang, banyaknya sampah dipesisir pantai disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah ke laut. Padahal pemerintah kelurahan Mangempang sudah menyiapkan mobil sampah untuk mengangkut sampah dari rumah masyarakat.
          Akhir kegiatan dilakukan pemasangan papan bicara. Harapan kami dari MPA Gloeocapsa papan bicara ini dapat menjadi pengingat kepada masyarakat Barru agar tetap menjaga kelestarian mangrove.

0 Komentar untuk "Green Youth Campaign"

Back To Top